Selasa, 07 Januari 2014

Jual Pisang Kultur Jaringan Siap tanam Harga Murah (Proses Penanaman)

Bibit Pisang dari laboratorium



Ciri-ciri plantlet pisang siap aklim yaitu : plantlet sudah besar, tinggi plantlet minimal 5 cm, berwarna hijau tua dan kondisi pertumbuhan plantlet normal.


Adaptasi Plantlet Sebelum di tanam



 Proses adaptasi Planlet bertujuan supaya bibit tahan dengan suhu di luar ruangan, karena sebelumnya Plantlet pisang memerlukan suhu yang rendah ketika di laboratorium. Waktu proses hardening  biasanya minimal 1 hari dan maksimal 3 hari.Bibit bisa disimpan dalam rak kaca.


 Proses Pengeluaran Plantlet dalm Botol






Proses pengeluaran plantlet dilakukan secara hati-hati, yaitu : Buka tutup botol lalu bibit di keluarkan dengan pelan-pelan, pisahkan akar dengan media agar, potong sebagian akar yang terlalu panjang. kemudian rendam plantlet dalm larutan obat dan perangsang pertumbuhan


Penanaman di Greenhouse



Sebelum bibit ditanam, media tanam yang sudah disiapkan harus disiram sampai basah, kemudian buat lubang tanam menggunakan kayu, lalu tanam dengan tegak lurus.







Transpant Bibit Pisang 

Bibit baru pindah dari Greenhouse ke area Transplanting setelah satu bulan

Bibit Pisang Yang kita Produksi sudah di Inveksikan dengan Bakteri Trichoderma dan Bakteri Mikoriza.

Pemberian bakteri Trichoderma berfungsi untuk menahan seranagan Penyakit layu Fusarium pada pisang yang disebabkan oleh cendawan, 
 Manfaat dari bakteri Mikoriza yaitu :
  1. Meningkatkan penyerapan unsur hara. Tanaman yang bermikoriza biasanya tumbuh lebih baik daripada yang tidak bermikoriza, dapat meningkatkan penyerapan unsur hara makro dan beberapa unsur hara mikro. Selain itu akar tanaman yang bermikoriza dapat menyerap unsur hara dalam bentuk terikat dan tidak tersedi auntuk tanaman.
  2. Tahan terhadap serangan pathogen. Mikoriza dapat berfungsi sebagai pelindung biologi bagi terjadinya infeksi patogen akar. Mekanisme perlindungan ini bisa diterangkan sebagai berikut:
    • adanya lapisan hifa(mantel) dapat berfungsi sebagai pelindung fisik untuk masuknya pathogen
    • mikoriza menggunakan hampir semua kelebihan karbohidrat dan eksudat akar lainnya, sehingga tidak cocok bagi patogen.
    • fungi mikoriza dapat melepaskan antibiotik yang dapat menghambat perkembangan patogen
  3. Sebagai konservasi tanah. Fungi mikoriza yang berasosiasi dengan akar berperan dalam konservasi tanah, hifa tersebut sebagai kontributor untuk menstabilkan pembentukan struktur agregat tanah dengan cara mengikat agregat-agregat tanah dan bahan organik tanah
  4. Mikoriza dapat memproduksi hormon dan zat pengatur tumbuh Fungi mikoriza dapat memberikan hormon seperti auxin, sitokinin, giberellin, juga zat pengatur tumbuh seperti vitamin kepada inangnya.-Sebagai sumber pembuatan pupuk biologis.-Fungi ini dapat diisolasi, dimurnikan dan diperbanyak dalam biakan non-esensial.
  5. Isolat-isolat tersebut dapat dikemas dalam bentuk inokulum dan sebagai sumber material pembuat pupuk biologis yang dapat beradaptasi pada kondisi daerah setempat.
  6. Sinergis dengan mikroorganisme lain Keberadaan mikoriza juga bersifat sinergis dengan mikroba potensial lainnya seperti bakteri penambat N dan bakteri pelarut fosfat.
  7. Mempertahankan keanekaragaman tumbuhan Fungi mikoriza berperan dalam mempertahankan stabilitas keanekaragaman tumbuhan dengan cara transfer nutrisi dari satu akar tumbuhan ke akar tumbuhan lainnya yang berdekatan melalui struktur yang disebut Bridge Hypae.  
Sebelum bibit pisang di transplant pada polibag 10x15cm perlu dilakukan pembuangan daun yang kuning, supaya pertumbuhan tidak terhambat.


Penanaman bibit pisang dilakukan secara tegak lurus dengan memasukan akarnya ke dalam lubang yang telah disiapkan, kemudian tekan perlahan-lahan untuk menutup akar bibit pisang dengan tanah.


  
 

Bibit Sudah siap tanam dilapangan ketika sudah tinggi 15 - 25 cm, jumlah daun mnimal 4 helai.dan pertumbuhan normal.






20 komentar:

  1. MOHON IJIN. JUAL LAHAN PERKEBUNAN, PETERNAKAN ATAU LAHAN PERISTIRAHATAN . JENIS TANAMAN KAMI SESUAIKAN DENGAN PERMINTAAN PEMBELI. HARGA SUDAH TERMASUK PERAWATAN TANAMAN DAN KEAMANAN SELAMA 3 TAHUN( DILUAR PUPUK DAN OBAT-OBATAN ) LOKASI PANDEGELANG BANTEN DEKAT WISATA TANJUNG LESUNG.STATUS HAK MILIK (SHM) LUAS 15.000M2. ADA JALAN ,LISTRIK DAN AIR. HRG Rp.35.000/M. hub 0818228663-08161112477-0811727889

    BalasHapus
  2. Kualitas bibit Cavendish dari Manbio tidak bagus, sudah ditanam di Cikalong Kulon, Cianjur tidak memuaskan, tidak menghasilkan. Bibit Kepok Kuning nya yang lumayan adaptif, berbuah baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore,

      Mff ini dengan siapa?
      kapan bapak beli bibit ditempat kami?
      kalau memang benar bisa ditunjukan surat jalan atau kwitansi dari kami.

      Terimakasih

      Hapus
    2. apa ada bibit kepok tanjung?? kalau ada harganya berapa???

      Hapus
  3. Ada bibit pisang ketan, ambon, atau jenis pisang untuk dataran tinggi. Mohon info harga dan spesifikasinya.

    BalasHapus
  4. Klau pisang kepok kuning brapa harga nya

    BalasHapus
  5. Saya minat beli bibit pisang kepok kuning, kebun didaerah anyer banten. Berapa harga bibit dan ongkir?
    Rencana pesan 100 bibit

    BalasHapus
  6. Untuk bibit pisang barangan berapa harganya?

    BalasHapus
  7. Untuk bibit pisang barangan berapa harganya?

    BalasHapus
  8. Berapa harga bibit pisang Barangan Merah, Kepok Kuning,Tanduk Merah,dan pisang Jari Monyet,minimum ordernya berapa banyak.Alamat saya Jakarta

    BalasHapus
  9. Mau bertanya, apakah disini menyediakan varietas pisang Bali? Saya sedang butuh kultur jaringan pisanh Bali

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Pisang kepok kuning/ tanjung Ada yang untuk aklimatisasi kira2 100 tidak ya Pak?

    BalasHapus
  12. Planlet yg didalam botol berapa satu pak? Ity bonggolnya ada gak?

    BalasHapus
  13. Bagaimana proses pembelianya,?

    BalasHapus
  14. pak berapa harga pisang kepok kuning per 1000 btg?

    BalasHapus
  15. Saya ni tanyak klau saya beli planletnya bisa

    BalasHapus
  16. Bagaimana cara membeli bibit siap aklimnya ya

    BalasHapus